Pengabdian Kepada Masyarakat

Pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat harus mengacu pada standar penjaminan mutu pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditetapkan. Berkenaan dengan hal tersebut, LPPM AKMI Suaka Bahari menetapkan ketentuan umum pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat internal yang diuraikan sebagai berikut:

  1. Ketua pelaksana pengabdian adalah dosen dan bukan dosen (karyawan) AKMI Suaka Bahari Cirebon
  2. Anggota pelaksana pengabdian adalah dosen dan/atau bukan dosen.
  3. Usulan dilakukan melalui LPPM AKMI Suaka Bahari Cirebon dan harus mendapatkan persetujuan dari Pimpinan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).
  4. Setiap pengusul dapat mengusulkan satu usulan penelitian dan satu usulan pengabdian kepada masyarakat baik sebagai ketua maupun sebagai anggota.
  5. Apabila pengabdian kepada masyarakat yang dihentikan sebelum waktunya akibat kelalaian pelaksana pengabdian atau terbukti memperoleh pendanaan ganda atau mengusulkan kembali pengabdian yang telah didanai sebelumnya, maka pelaksana pengabdian tersebut tidak diperkenankan mengusulkan pengabdian kepada masyarakat.
  6. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) AKMI Suaka Bahari diwajibkan untuk melakukan pengawasan internal atas semua kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mengacu kepada sistem penjaminan mutu yang berlaku.
  7. Pelaksana pengabdian diwajibkan membuat Catatan Harian dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Catatan Harian berisi catatan tentang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan tahapan proses pengabdian kepada masyarakat. Catatan Harian diisikan ke LPPM AKMI Suaka Bahari sebagai bagian dari kelengkapan dokumen pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Pelaksana pengabdian kepada masyarakat juga diwajibkan membuat LogbookLogbook berisi catatan detil tentang substansi pengabdian kepada masyarakat yang meliputi bahan, data, metode, analisis, hasil, dan lain-lain yang dianggap penting.  Logbook disimpan oleh pelaksana pengabdian kepada masyarakat yang dapat dijadikan bukti dalam pengajuan KI.
  8. Pelaksana pengabdian yang tidak berhasil memenuhi luaran sesuai dengan target skema dapat dikenai sanksi.
  9. Pertanggungjawaban dana pengabdian  mengacu pada ketentuan Bagian Keuangan AKMI Suaka Bahari tahun anggaran yang berlaku yang ditetapkan oleh DIREKTUR.

 

PEDOMAN PENULISAN PROPOSAL

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

I. RINGKASAN

Ringkasan usulan maksimal 500 kata yang memuat permasalahan, solusi dan target luaran yang akan dicapai sesuai dengan masing-masing skema pengabdian kepada masyarakat. Ringkasan juga memuat uraian secara cermat dan singkat rencana kegiatan yang diusulkan dan ditulis dengan jarak satu spasi.

II. PENDAHULUAN

Bagian pendahuluan maksimum 2000 kata yang berisi uraian analisis situasi dan permasalahan. Deskripsi lengkap bagian pendahuluan pada masing-masing skema pengabdian kepada masyarakat.

 

III. SOLUSI PERMASALAHAN

Bagian ini maksimum terdiri atas 1500 kata yang berisi uraian semua solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi secara sistematis. Deskripsi lengkap bagian solusi permasalahan untuk masing-masing skema pengabdian kepada masyarakat.

 

VI. METODE PELAKSANAAN

Metode pelaksanaan maksimal terdiri atas 2000 kata yang menjelaskan tahapan atau langkah-langkah dalam melaksanakan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan mitra. Deskripsi lengkap bagian metode pelaksanaan untuk masing-masing skema pengabdian kepada masyarakat. Pada bagian ini wajib mengisi uraian kepakaran/profesi dan tugas masing-masing anggota tim pengabdian kepada masyarakat.

 V. LUARAN DAN TARGET CAPAIAN

Pada bagian ini, pengusul wajib mengisi luaran wajib dan tambahan, tahun capaian, dan status pencapaiannya. Sama halnya seperti pada luaran penelitian, luaran publikasi pengabdian kepada masyarakat yang berupa artikel.

 VI. ANGGARAN

Justifikasi anggaran disusun secara rinci sesuai dengan format yang langsung diisikan sesuai dengan panduan penelitian dan pengabdian AKMI Suaka Bahari Cirebon.

 

VII. JADWAL

Jadwal pengabdian kepada masyarakat disusun sesuai isian pada timeline pengabdian kepada masyarakat.

 VIII. DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka disusun dan ditulis berdasarkan sistem nomor sesuai urutan pengutipan. Hanya pustaka yang disitasi pada usulan pengabdian kepada masyarakat yang dicantumkan dalam Daftar Pustaka.